Kawasan Wisata Pantai Tanjung Senekip Mempesona - Okeline

Kawasan Wisata Pantai Tanjung Senekip Mempesona

Ajho
Share :
kawasan-wisata-pantai-tanjung-senekip-mempesona

Advertorial - Pantai Senekip, yang berada di daerah peisis bagian timur kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Riau, kini menjadi salah satu wisata mempesona di Bengkalis.

Hamparan pasir berwarna diterpa ombak yang indah menambah indahnya pemandangan dan pesona pantai yang belakangan menjadi perhatian pemerintah setempat tentunya hal ini membuat siapa saja yang datang pasti ingin berlama-lama menikmati pemandangan Pantai Senekip.

Diakui memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas ke'elokan wisata pantai ini, manun Pantai Senekip kini mulai dikunjungi oleh wisatawan asal Bengkalis, maupun wisatawan luar daerah.

Desa Teluk Pambang adalah salah satu desa yang berada di daerah pesisir bagian timur kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Riau, desa yang berhadapan dengan negara jiran Malaysia ini juga terkenal memiliki pantai yang begitu cantik dan indah, selain itu pantai serupa juga sudah dierkenalkan pada masayarakt luas.

Pantai yang saat ini baru dikelola oleh masyarakat setempat secara dengan cara swadaya sudah, ada pedagang dari warga setempat ini yang berjualan menyiapkan makanan ringan dan makanan khas Bengkalis, bagi warga yang datang menyaksikan keindahan pantai Senekip ini.

Setelah dinas Parawisata melakukan beberapa kegiatan promosi pantai dengan melakukan sejumlah kegiatan, saat ini Pantai Senekip telah dikenal oleh banyak orang, dalam dan luar Bengkalis, sehingga dengan banyaknya pengunjung yang datang tersebut berdampak kenaikan pada ekonomi masyarakat setempat.

"Semakin lama semakin hidup ekonomi masyarakat disekitar pantai, jadi kedepanya agar kegiatan promosi pantai ini lebih ditingkatkan dinas Parawista Bengkalis," jelas Kepala Desa Teluk Bambang, Kecamatan Bantan, M Ali, Senin (8/10/18).

 

Dalam hal perhatian pemerintah pada desanya M Ali sangat bangga dengan bupatinya melaui dinas Parawisata, selama pantai ini terus dipopulerkan pemerintah, sehingga desanya yang dulu dipandang sebelah mata kini sudah membuat mata wisatawan membelalak, dan Pantai Senekip ini telah dijadikan salah satu wisata lokal dan luar daerah terutama daerah tetangga Bengkalis. 

"Yang saya sangat banggakan dari pemimpin kita, perhatiannya dirasakan masyarakt desanya, mungkin dahulu kurang terdengar namanya namun saat ini nama Pantai Senekip telah didengar sampai keluar daerah.

Sementra itu Kabid Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Iyon Setiawan, mengaku akan terus menggesa kemajuan sejumlah lokasi parawisata di kabupaten Bengkalis, terutama pantai Senekip yang belakangan banyak dikunjungi wisatawan.

"Kita akan mengusulkan promosi Pantai Senekip pada Bupati agar pantai ini di kenal sampai keluar daerah, nantinya melalui media cetak maupun online juga akan promosikan keelokan Pantai yang menjadi kebanggan kami ini," Jelas Kabid.

Dia menyebutkan, Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu desa terluar yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dengan berhadapan dengan Batu Pahat, Malaysia.

"Atas gerak dan langkah pemerintah, desa Teluk Pambang dalam menggali potensi wisatanya di Tanjung Senekip dan gotong royong semua masyarakatnya ini merupakan langkah strategis dan berfikir terus maju ke depan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan yang yang bersekinambungan," jelasnya.

Sofyan menegaskan akan memperjuangkan dan mengawal pengembangan potensi ril destinasi wisata di pantai wisata Tanjung Senekip adalah sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan masyarakat menjadi adil dan merata.

Dijelaskanya, proses usulan pengembangan pantai wisata Tanjung Senekip Desa Teluk Pambang yang telah diproses dalam musyawarah desa dan dituangkan dalam RPJMDes, wisatawan atau masyarakat pencinta wisata Tanjung Senekip akan maju dengan konsep Ekominawisata, sehingga okonomi masyarakat disekitar pantai akan meningkat.

"Akan kita perjuangkan dan kawal anggran untuk merehab pantai ini, karena pantai Pantai Tanjung Senekip memiliki potensi meningkatkan kegiatan ekonomi yang sangat tinggi, sehingga pengembangan wisata dan perikanan dalam wilayah wisatanya, mebuat pendapatan masayarakt meningkat selain itu PAD juga akan dihasilkan dari kawasan wisata di Bengkalis," jelasnya.

Ketua Komisi IV dari PDIP yang juga Anak Jati Teluk Pambang, Sofyan, S.Pd.I, mengamini maksut Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis dia berjanji akan membahas anggaran untuk wisata di Bengkalis agar wisata ini menjadi berkualitas.

Sebelumnya dia telah datang ke lokasi pantai wisata Senekip tersebut atas undangan Kepala Desa Teluk Pambang, M. Ali, banyak hal dibicarakan termasuk usulan anggaran untuk membenahi pantai kebanggan warga Teluk Bambang tersebut, bahkan atas permintaan kepala Desa dia akan memprioritaskan pembahasan anggaran khusus pantai Tanjung Senekip. 

"Kalau mereka mengusulkan maka akan segera kita bahas, pokoknya Bengkalis akan menjadi tujuan wisata baik luar mamun dalam kabupaten," harapnya.

Diperjelas Kepala desa, yang sudah lama memperhatikan keelokan pnatai Senekip ini, kalau pelancong daerah maupun luar daerah ini kalua tidak berkunjung ke Pantai Senekip Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, rasanya tak lengkap kalau tidak melihat objek wisatanya yang satu ini.

Di lokasi pulau dengan kontur tanah gambut yang lembut itu, terdapat beberapa objek wisata pantai yang perlu anda kunjungi bersama keluarga. Ada Pantai Indah Selatbaru di Kecamatan Bantan di Pulau Bengkalis, dan Prapat Tunggal di Kecamatan Bengkalis serta objek wisata terbaru yang masih perawan yakni Pantai Senekip.

"Makanya saya istilahkan "perawan" karena sebelum diresmikan dahulu oleh pemerintah Kabapaten Bengkalis yang berkunjung hanya putra daerah saja, bayangkan dahulu kami jelang berbuka puasa kami kumpul sepanjang pantai, memang dahulu akses jalan kurang bagus tapi sekarang silahkan kunjungi, pasati anda puas," Jelas Kades ini.

Objek wisata yang satu ini lokasinya di Dusun Parit Satu, Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, bagi wisatawan yang ingin berkunjung dijelaskan M Ali, dari seberang Pakning cukup naik Feri penyebrangan ke Bengkalis setelah itu tanyakan saja sama warga makan anda akan dituntun menuju lokasi, atau bagi yang memiliki gaget cukup di Google Map maka dipastikan sampai.

"itulah keramahan warga bengkalis, cukup tanya maka anda akan sampai di pantai Senekip yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh pemerintah Bengkalis," jelasnya.

Dilanjut M Ali selain indah, pantai di ujung Timur Pulau Bengkalis itu suasanya masih asri. Pihak desa yang mengelola Pantai Senekip sengaja membiarkan pohon-pohon rindang disepanjang pantai. Jadi anda bebas memilih mau berteduh di saung (pondok-pondo) atau menggelar tikar dibawah pohon terserah anda.

Sementara itu tokoh mayarakat Desa Teluk Pambang, kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Riau, Nurhadi, mengaku cukup bangga dengan kinerja berbagai pihak, sebab kini menjadi desanya adalah salah satu lokasi wisata mempesona di Bengkalis.

"Pesona pantai yang dahulu tidak dikenal warga luar belakangan telah menjadi perhatian warga setempat dan luar daerah, saya mendengar keelokan Pantai Senekip telah diperbincangkan orang di kota Dumai, Bagan Siapiapi, Pelalawan, bahkan hinga ke Sumatera Barat," jelas tokoh masyarakat ini.

Tentunya jelas Nurhadi hal ini membuat siapa saja yang datang, pasti ingin berlama-lama karena berita keelokan ini bukan isapan jempol belaka, diaku Nurhadi yang telah berkunjung pasti akan mengajak rekan mereka untuk mengunjungi pantai ini.

"Apalagi udara pantai yang bersih tampa tercemar oleh aroma lain selain harumnya udara laut," Ujarnya.

Pantai Senekip sendiri ulas Nurhadi adalah pantai yang baru di populerkan oleh pemerintah, dengan umur yang baru setahun jangung ini diharapkannya pantai ini akan menjadi idola wisatawan luar Bengkalis maupun dalam daerah bengkalis sendiri.

"Kita harapkan lokasi wisata di Desa Teluk Pambang, kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Riau, ini menjadi salah satu ikon wisata dan kebanggaan daerah Bengkalis, dan saya berusaha akan membuat gebrakan baru untuk menjadikan Pantai Senekip dikenang sepanjang masa," Pungkasnya.(ADV/Andika)

Share :

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait